Tips Menjaga Kesehatan


Kesehatan merupakan harta yang tak ternilai harganya. Oleh sebab itu agar tetap sehat orang rela melakukan apa saja. Segala cara yang dilakukan baik yang bernilai medis maupun non medis, dari yang logis hingga yang bernuansa supernatural adalah beragam usaha yang dilakukan oleh banyak orang dari berbagai kalangan untuk senantiasa sehat atau mendapatkan kembali kesehatannya.

Cara menjaga kesehatan agar tidak mudah sakit pun sering dicari oleh kita yang memiliki kesibukan tinggi. Orang yang aktif rentan untuk terkena berbagai macam penyakit dibandingkan dengan orang yang memiliki sedikit mobilitas. Oleh sebab itu sangat penting bagi kita yang aktif untuk memperhatikan kesehatannya.

Berikut ini ada beberapa cara menjaga kesehatan tubuh atau cara hidup sehat yang dapat kita jadikan rujukan agar tubuh tetap fit dan sehat serta senantiasa bahagia dalam menjalani hidup.


1.  Menjaga Pola Makan

Kita harus bisa menjaga pola makan, jangan sampai kita meninggalkan sarapan dan atur selalu jam makan. Orang yang tidak bisa mejaga pola makannya dia akan mudah sekali terkena penyakit maag. Gejala penyakit maag pertama yang akan dirasakan orang yang tidak memiliki pola makan yang teratur adalah perut terasa melilit dan sering terkena sakit perut. Untuk menghindari hal yang seperti itu, berikut juga beberapa tips menjaga pola makan yang baik :
Mengkonsumsi Gizi Seimbang


Makanan dengan gizi seimbang adalah 4 sehat dan 5 sempurna. Semua gizi makanan ada di makanan 4 sehat dan 5 sempurna. Memang karena faktor ekonomi banyak juga masyarakat yang tidak bisa melakukan pola makan seperti itu. Pola makan mereka kebanyakan jika sudah ada sayur maka lauknya yang tidak ada. Kalaupun keduanya ada, banyak masyarakat yang tidak bisa meminum susu setiap harinya, sehingga makanan 4 sehat 5 sempurna dengan gizi seimbang tersebut tidak terpenuhi.

Hindari Makan Berlebihan


Makan berlebihan dapa membuat kita kegemukan atau obesitas yang dapat memicu berbagai macam penyakit seperti serangan jantung dan juga penyakit stroke. Sedangkan makan terlalu sedikit (karena alasan diet misalnya) beresiko berkurangnya asupan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Makanlah sesuai dengan kebutuhan, berat badan ideal tubuh pun sehat.

Makanlah porsi sedikit, tapi lebih sering. Hal ini cukup baik untuk diterapkan. Kita bisa merubah sedikit jadwal makan, jika sudah terbiasa makan dalam porsi yang besar dengan frekuensi yang sedikit, yaitu 2-3 kali dalam sehari. Maka kita bisa membaginya menjadi 4 atau 5 kali dalam sehari, dalam porsi yang lebih kecil. Tujuan memecah porsi makan ini agar tubuh terhindari dari teralu banyak menerima makanan yang harus dicerna dalam satu waktu.


2. Mencukupi Kebutuhan Cairan


Minum air putih yang cukup dapat memberi banyak manfaat, yakni meningkatkan metabolisme dan mencegah dehidrasi. Ketika mengalami dehidrasi, kita akan kehausan, lemas, sakit tenggorokan, hingga pusing. Jadi, minumlah air setidaknya 8 gelas per hari agar kebutuhan cairan tubuh terpenuhi untuk menjaga tubuh tetap sehat dan bugar.


3. Olahraga Secara Teratur



Berolahraga secara rutin dapat membantu mencegah berbagai penyakit, seperti penyakit jantung, stroke, diabetes, dan kanker. Selain itu, olahraga juga dapat mengendalikan berat badan dan membuat pelakunya merasa lebih bugar. Cobalah untuk berolahraga sekitar 30-60 menit sebanyak 5 kali dalam seminggu. Akan tetapi, jika tidak bisa melakukannya sesering itu, lakukan semampunya daripada tidak sama sekali.


4. Tidur Yang Cukup



Begadang menjadi kebiasaan banyak orang. Alih-alih tidur, malam hari seringkali dihabiskan dengan bermain gadget atau menonton TV. Padahal kurang tidur dapat meningkatkan kemungkinan terkena penyakit jantung, diabetes, stroke, obesitas, dan masalah kesehatan lainnya. Selain itu, kurang tidur juga dapat mengganggu konsentrasi, kewaspadaan, dan kinerja. Oleh sebab itu, biasakan untuk tidur dengan cukup dan berkualitas. Tidur yang cukup dapat membantu menjaga kesehatan secara keseluruhan. Agar dapat tidur dengan mudah, jangan minum kopi di sore hari, cobalah tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap harinya, dan redupkan lampu beberapa jam sebelum tidur.


5. Cukupi Kebutuhan Vitamin

Tubuh kita membutuhkan asupan vitamin sebagai cara untuk melindungi dan menjaga kesehatan tubuh agar tetap sehat dan bugar. Asupan vitamin yang bisa digunakan untuk menjaga kesehatan tubuh adalah vitamin D dan vitamin C.
Vitamin D berperan untuk menstimulus sel imun untuk menghalau virus dan bakteri, menguatkan tulang, membantu mencegah berbagai penyakit seperti jantung, diabetes, kanker serta mengurangi resiko penurunan daya ingat. Sumber vitamin D dapat berasal dari sinar matahari pagi, telur, ikan, susu dan keju. Jika tubuh kita kekurangan vitamin D maka tubuh akan mudah terkena kuman dan virus. Vitami D pada dasarnya bisa digunakan sebagai penstimulus antibodi agar zat antibodi itu mampu menghasilkan sistem imun yang bisa digunakan untuk melawan kuman dan bakteri yang ada di dalam tubuh.
Tidak hanya vitamin D saja yang penting bagi tubuh, namun vitamin C pun sangat dibutuhkan oleh tubuh. Vitamin C digunakan tubuh untuk menstabilkan sistem imun, karena sistem imun yang stabil akan membuat daya tahan tubuh semakin bagus sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit.
Jika perlu, konsumsilah supplemen. Bagi kita yang memiliki mobilitas sangat tinggi dan memiliki kesibukan yang tinggi tidak ada salahnya kita mengkonsumsi suplemen penambah tenaga untuk menjaga energi yang ada di dalam tubuh kita. Suplemen ini berguna untuk menjaga tubuh kita dari kelelahan. Jika kelelahan sistem imun akan menurun dan ketika menurun masuklah penyakit yang disebabkan oleh kuman dan virus di dalam tubuh kita. Tidak mengherankan orang yang jam kerjanya padat sering terkena flu, batuk dan juga sakit kepala. Hal itu dikarenakan dia kelelahan dan sistem imun sedang menurun.

6. Menjaga Kebersian

Cara menjaga kesehatan lainnya adalah dengan menjaga kebersihan diri maupun lingkukan sekitar. Dengan begitu, Anda terhindar dari serangan berbagai penyakit. Berikut adalah beberapa cara menjaga kebersihan yang baik:
  • Mandi setiap hari
  • Cuci tangan Anda sebelum makan atau menyiapkan makanan, dan setelah makan.
  • Cuci tangan Anda sebelum memasukkan lensa kontak atau melakukan aktivitas lain yang membuat Anda bersentuhan dengan mata atau mulut.
  • Cuci tangan Anda selama 20 detik dan gosok di bawah kuku jari Anda.
  • Tutup mulut dan hidung Anda dengan tisu saat batuk atau bersin.

7. Mengendalikan Stres

Kelola emosi dengan baik, Jangan mudah untuk marah-marah, hal ini sangat penting, karena akan membuat habis energi tubuh dan juga tidak baik untuk hati nantinya. Jadilah orang yang mudah tersenyum dan ramah karena ini baik untuk diri sendiri maupun orang lain.
Perasaan seseorang seperti sedih, marah, cemas, kecewa, dll akan direspon oleh organ tubuh lainnya. Stress yang dialami oleh seseorang bisa menjadi pemicu terbentuknya radikal bebas di dalam tubuh, yang jika dibiarkan dalam jangka waktu panjang berakibat tubuh rentan terkena penyakit.
Maka dari itu, untuk menjaga tubuh agar tetap sehat kita harus bisa mengendalikan stress yang kita miliki. Jangan pernah menganggap remeh penyakit stress ini. Stress yang tidak segera diatasi akan berubah menjaid depresi. Depresi merupakan tingkatan gangguan psikis yang lebih membahayakan dibandingkan dengan stress. Orang yang depresi bahkan bisa membahayakan keselamatan dirinya sendiri. Stres ini biasanya muncul di lingkungan kerja, lingkungan keluarga, lingkungan sosial atau bahka di lingkungan pergaulan. Agar terhindar dari depresi ada baiknya kita mengetahui bagaimana cara mengatasi stress yang efektif.

8. Menghindari Rokok Dan Alkohol
Merokok bukan hanya merusak paru-paru, namun juga dapat merusak berbagai organ tubuh lainnya. Hal ini juga membuat kita lebih berpotensi terkena kanker, penyakit jantung, dan penyakit serius lainnya. Bahkan perokok pasif pun berisiko mengalami bahaya yang sama. Di samping itu, mengonsumsi minuman beralkohol secara berlebihan juga dapat meningkatkan risiko terkena kanker dan penyakit hati. Oleh sebab itu, akan lebih baik jika menghindari kebiasaan merokok dan minum minuman beralkohol.

Hidup Sehat itu Mudah, Kuncinya Disiplin

Sehat itu mahal, jika sakit apapun yang kita punya bisa habis terjual buat berobat, oleh karena itu jika kita ingin berhemat, maka jalani saja pola hidup sehat. Hidup sehat sendiri sangat sederhana. Kita tinggal mengikuti saja cara menjaga kesehatan atau cara hidup sehat seperti uraian diatas. Jika kita disiplin dalam menjalankannya, selain hemat biaya dalam menjalankannya, kesehatan kita juga akan terjaga. Karena Kesehatan adalah kekayaan yang tidak ternilai harganya, oleh sebab itu jagalah kesehatan kita sebelum datang penyakit. Tidak ada penyesalan yang datang di depan, penyesalan selalu datang belakangan.

Komentar